October 14, 2021

Sejarah Singkat

SELAYANG PANDANG

PONDOK PESANTREN TAHFZH QUR`AN

(PPTQ) TERPADU IBADURRAHMAN – BELADING

 

بسم الله الرحمن الرحيم

 

Alhamdulillah, segala puji dan syukur hanya milik Allah SWT. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada kekasih Allah, nabi Muhammad SAW. kepada keluarganya, para sahabat, tabi’in dan tabi’atnya hingga hari akhir kelak. Amin.

 

Berawal dari 3 lokal bangunan MDA Warga Sakai, PPTQ Terpadu Ibadurrahman – Belading (selanjutnya disebut Pesantren) berdiri, tepatnya tahun 2010. Lokal dan tanah di sekitarnya diserahkan langsung oleh tokoh Dusun Belading ke Yayasan Ibadurrahman Duri, yang dalam pengelolaannya ditangani oleh IKADI Kab. Bengkalis, yang saat itu diketuai oleh ust. H. Khairul Umam, Lc.

 

Di 4 tahun pertama pergantian kepemimpinan terus terjadi, hingga pada tahun 2014 IKADI menyerahkan kembali Pesantren ke Yayasan Ibadurrahman Duri. Saat penyerahan bangunan yang ada adalah Mesjid, Saung Putra, 2 Rumah petak untuk Guru, ruang makan putra yang satu atap dengan dapur umum. Kemudian sejak Oktober 2014 – 2017 kepemimpinan Pesantren dipegang oleh ust. Yana Lukmanul Hakim, Lc  Al Hafizh dan dari tahun 2017 sampai sekarang dipimpin oleh Ust. H. Umar Mahmud, Lc.

 

Seiring dengan itu banyak perkembangan dan upaya peningkatan yang dilakukan, baik sarana ataupun muatan kurikulum pengajarannya. Mulai dari rumah Pimpinan, tower air lengkap, Saung Putri yang selanjutnya difungsikan sebagai Mushalla putri, Asrama putri I, Asrama Putri II, Saung Putri, Pelebaran Mesjid, Tower Wifi yang rencana ke depannya akan difungsikan lebih, kemudian 3 unit rumah guru yang berkeluarga. 1 unit rumah guru lajang, dapur umum dan pelebaran ruang makan putra yang sampai saat ini ( April 2018) masih dalam proses finishing. Silahkan ambil bagian dengan berwakaf untuk pembangunan ini.

 

Alhamdulillah pada tahun 2017  Pesantren mendapatkan bantuan pembangunan 8 lokal belajar santri dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Pembangunan yang sedang berlansung dibangun sekarang ini  adalah Mushalla santri putri (mushalla yang ada akan difungsikan untuk perpustakaan putri).

 

Rencana pembangunan ke depan adalah lapangan serba guna, semenisasi jalan, tempat laundry dan jemuran center, penataan taman di semua lingkungan pesantren, pagar, gapura, dan gerbang masuk serta lainnya.

 

Seiring dengan peningkatan sarana, peningkatan muatan kurikulum pun terus ditingkatkan mulai dari kurikulum utama : al Qur`an, Kajian Keislaman, dan Liqo Tarbawi, ataupun kegiatan eskul wajib : Memanah, Belad Diri, Renang, Tata Boga dan Menjahit.

 

Tercatat hingga kini di angkatan VIII Putra dan III Putri, Pesantren telah meluluskan lebih dari 80 alumni, 23 diantaranya telah menyelesaikan hafalan al Qur`an 30 Juz, 3 orang melanjutkan ke univ. Al Azhar-Mesir, 3 orang mendapatkan besiswa jalur tahfizh di univ. Abdurrab Pekanbaru, lebih dari 3 orang kuliah di Ma’had an Nu’amiy Jakarta, 2 orang di STIE SEBI dengan beasiswa full jalur tahfizh, dan 3 orang diterima di STAI as Sunnah Medan juga dengan beasiswa tahfizh. Adapun lainnya, mengabdi di masyarakat menjadi Imam Mesjid, membuka Rumah Qur`an, dan menjadi pengajar al Qur`an di beberapa lembaga pendidikan Islam, baik di Duri ataupun di tempat lainnya.

 

Selain itu sebagai upaya peningkatan kualitas lulusan dan hal lainnya pun terus dilakukan. Sejak tahun 2015 Pesantren telah terdaftar di Kemenag Kab. Bengkalis. Selain itu, di bulan Oktober 2016 Pesantren bergabung dengan jaringan Rumah Qur`an Nasional (RQN). Bukan itu saja, bahkan pelatihan demi pelatihanpun terus diikuti dan diselenggarakan guna meningkatkan mutu Pengajar dan mutu alumni, yang diharapkan setelah tamat 2 tahun pendidikan di Pesantren mampu menjadi da’i yang hafizh al Qur`an di lisan, di perbuatan, baik secara pribadi, secara jama’ah ataupun secara kenegaraan.

 

Terakhir, semua kemajuan dan peningkatan yang ada adalah hasil kerja keras dan sokongan semua pihak terkait (tentu atas izin Allah SWT.), mulai dari ketua Yayasan dengan semua jajarannya, pimpinan pesantren dengan semua dewan gurunya, LAZ Ibadurrahman Duri, dan semua donatur yang telah berkontribusi dalam semua program dan pembangunan yang ada. Hanya do’a yang kami haturkan untuk semua anda : “ Semoga Allah SWT. memberi pahala atas semua kontribusi yang telah diberikan, baik materi ataupun lainnya, berkah untuk anda dan keluarga, juga berkah untuk yayasan, pesantren dan semua pihak yang terlibat langsung ataupun tidak langsung”. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

 

Bagi anda yang akan mengambil bagian dalam menjaga al Qur`an, baik dengan berwakaf ataupun berinfak silahkan datang langsung ke kampus kami, ataupun melalui rekening khusus Infak-Sedekah : BSM 709 222 6144 an. Pesantren Tahfizh Belading, dan rek. Khusus wakaf : BSM 709 222 5881 an. Pembanguna TahfIzh Belading.***

 

Duri, 26  Rajab 1439 H./ 13 April 2018 M.

  1. Umar Mahmud, Lc

Pimpinan Pesantren